chart multi trading

Perbedaan INVESTOR SAHAM dengan TRADER SAHAM

stock price
stock price

Perbandingan antara Investor dengan Trader

INVESTOR

Investor adalah para pemilik modal yang membeli saham saham unggulan atau saham papan atas yang terdapat di Bursa efek Indonesia.
Simpelnya adalah Para pemiIik dana beli saham blue chip dgn nominal 100 juta .dan mereka membiarkan hanya sesekali dilihat dan setelah setahun dijual menghasilkan untung antara 20% dia happy

Saham  Blue Chip seperti saham unggulan yang terdapat dalam pasar modal, punya ciri-ciri saham blue chip :

  • Perusahaan lumayan lama berdiri dan dengan system management yang baik,
  • Kapitalisasi pasar sangat besar atau liquid,
  • Rasio hutang dengan asset stabil atau perbandingan ROE (Return On Equity) dan ROA (Return On Assets) yang tinggi.
  • Konsisten bayar deviden seperti yang diharapkan oleh para Investor
  • Berkinerja baik dengan dari perolehan laba tahunan
Perbandingan Berinvestasi

Daftar Saham Bluechip antara lain:

  • BBCA  – Bank BCA
  • BBRI – Bank BRI
  • ASII –  Astra International Otomotiv manufacture
  • JSMR –  Jasa marga jalan tol
  • PGAS – PErusahaan Gas Negara sektor energi
  • UNVR – Unilever Indonesia
  • TLKM – Telekomunikasi Indonesia
  • PTBA – Bukit Asam sektor pertambangan
  • AALI –  Astra Argo lestari sektor Perkebunan
  • INDF – Indofood Sukses makmur

Jadi jika ingin seorang Investor tinggal beli saham-saham tersebut diatas pastinya akan mendapatkan manfaat yang lumayan baik dan mengharapkan deviden dan capital gain dan mempunya hak Rups dan para investor tidak usah capek-capek analisa sudah jelas perusahaan tersebut.

deviden saham
deviden saham

TRADER

Trader adalah para pemilik dana yang melakukan pembelian saham setiap hari  beli jual beli jual,
simpelnya Para Trader melakukan hal yang sama dengan Investor trading harian, minggu atau bulanan berbagai saham dibeli dianalisa dgn modal 100 jt Setelah setahun keuntungannya diatas 50%.

Trader sangat perlu ilmu baik fundamental maupun tehnikal , suka duka seorang trader ketika melakukan aktivitas trading, tidak selamanya saham yg dibeli menghasilkan profit, ada kalanya nyangkut terpaksa stoploss atau cut loss, menunggu dengan harap-harap cemas dan aneka perasaan lainnya. Waktunya banyak digunakan buat analisa teknikal, mempelajari bandarmologi, cari tahu kesana sini ikut grup2 saham segala macam analisa yang ribet. Kala nyangkut, hati galau, akan cut loss atau nunggu sampai balik. Mental terus terasa, dan berbagai macam gejolak dirasakan. Terkadang tidurpun tak nyenyak akibat saham yang nyangkut. Terus belajar dan mencari informasi agar dapat trading dgn baik dan menghasilkan cuan serta yang terutama mengorbankan banyak waktu untuk stay memantau pergerakan harga.

Akhirnya, segala jerih payah selama setahun membuahkan hasil. Profit yang dihasilkan 50% dari modal yang digelontorkan. Segala jerih payah seolah terbayar lunas.

beli saham speedorder
beli saham speedorder

Perbedaan dari bahasan Investor dan Trader sederhana diatas

Dari kedua contoh diatas, kita bisa menyimpulkan jalan mana yang harus kita ambil jadi seorang trader atau jadi seorang investor atau penggabungan kedua-duanya boleh diambil keputusan untuk itu.

Intinya perbedaan kita katakan bahwa sang traderlah yg sukses dalam dunia saham, karena mampu menciptakan profit yang lebih besar dari investor.namun Mindsetnya sudah lebih teruji, menahan gejolak dan mempelajari pasar pergerakan saham tiap harinya. Namun bagi seorang Investor cukup santai  dan hanya sekali sekali saja melihat portpolionya dengan harapan yang lebih pasti dari kenaikan saham dan deviden yang diharapkan.

Sang investor tidak perlu menghabiskan waktu energi dan pikiran guna memantau pergerakan harga saham, melakukan aktivitas trading yg terkadang membuat emosi bermain, stress manakala saham nyangkut dan berbagai keadaan emosi lainnnya yg kadang berdampak terhadap prilaku kita akibat dinamika di pasar saham.

Lain halnya dengan trader yg harus mengalami semua hal ini, kadang merasa takut kadang sangat merasa gembira dan lebih memantau harga saham.

Investor ibarat seseorang yg join modal ke sebuah toko dan hanya datang sesekali ke toko tersebut utk melihat perkembangannya, dan kemudian pergi menghabiskan waktunya utk hal2 yg lain, lalu kembali utk menagih hasilnya.

banteng alias bullisth
banteng alias bullisth

Seorang trader adalah pemilik sekaligus penjaga toko. Siapkan modal, jaga toko dari pagi sampai sore, berurusan dengan segala tetek bengeknya. Dan karena ketekunannya, untung yg didapatpun lebih besar dari yg sekedar join modal.

Jadi menjadi trader atau investor ada plus minusnya. tidak bisa mengatakan si trader lebih untung karena cuannya lebih besar, karena prinsip masing2 orang berbeda. jadi tentukan objektifitas  bagaimana mencapai sukses masing2 dengan cara yang berbeda.

jadi seorang trader akan bangga berkata “aku dalam setahun trading berhasil cuan 50%”, dan sang investor juga dengan bangganya berkata “aku dalam setahun nabung saham, bisa cuan 20% tanpa harus pusing dan menghabiskan waktu untuk memikirkan dan memantau pergerakan harga saham “.

Tujuan kedua Investor dan Trader adalah sama ingin mendapatkan hasil dari hasil kerja dan investasi masing-masing di pasar modal saham.

Tapi yang belum mempunyai Rekening Saham Yuk Join bersama kami komunitas Gemesin Gemar menabung saham Indonesia di Bursa agar bisa kita hasilkan CUAN baik seorang Investor maupun seorang Trader.

 

Yuk Nabung Saham Indonesia Sejahtera Jadi Investor maupun Trader

Format kelengkapan data Member Komunitas GEMESIN Asia Charts & Pembukaan RDI:

Data Pribadi Nama Lengkap:
Alamat Domisili:
Kode Pos:
No.Handphone:
Alamat E-mail:
Status Perkawinan:
Nama ibu Kandung:

Data Pekerjaan
Pekerjaan:
Nama Perusahaan:
Alamat Kantor:
Bidang Usaha:
Lama Bekerja:
Jabatan:
Penghasilan /bln:

Data Pasangan/Orang Tua/Ahli waris
Nama Lengkap:
Hubungan:
Tempat&tanggal Lahir:
No.Identitas:
Masa Berlaku:
Kewarganegaraan:
Alamat Tempat Tinggal:
Kode Pos:
No.Handphone:

Latar Belakang Keuangan/Investasi
Sumber Dana Utama:
Tujuan Investasi:
Pengalaman Investasi:

Rencana Tabungan Saham
(kelipatan 100.000) selama 12 kali
Rencana menabung perbulan:
Kode Saham :

Pemberi Referensi:
Coach:

#Lampirkan Foto
1. ID (KTP/SIM/Passport)
2. NPWP
3. Cover Buku Tabungan

Pembayaran Membership
Rp 1.300.000.
Transfer ke Rekening :
PT.Gemilang Amanah
Cab Milenial Centenial Center
Bank BCA(kode 014)
No.Rek 730.530.0161
Atau
Bank CIMB NIAGA(kode 022)
No.Rek 7059.2368.3800

 

Demikian sedikit pembahasan mengenai Investor dan Trader semoga semua orang mendapatkan hasil hasil dari Pasar modal saham Indonesia.

Herbin Simamora

June, 17 2020

 

Bacaan lain:

MORA TRADER SAHAM

Pensiun Dini Sejahtera Hanya Bekerja dalam 1 Tahun dapatkan Income 6 M

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *