Komposisi Iman

Komposisi Iman
Ada 3
1. Pengetahuan/ knowledge
2. Perasaan / feeling
3. Kehendak/ willingness

komposisi iman dan cinta

Iman itu mirip2 dengan Cinta

Dari mana datangnya cinta dari Mata turun ke hati, tetapi tidak semua yg kita lihat harus kita cintai

Knowledge / pengetahuan
Pertama adanya pengenalan,
Kalau hanya pengenalan belum tentu beriman terlebih pengenalannya hanya sekedar.
Apakah anak yang sekolah di sd sampai sma sekolah di sekolah Kristen otomatis beriman tentang Tuhan Yesus belum tentu, bahkan suatu saat dia bisa mualaf atau murtad jika tidak bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus yg telah menebus dosanya di kayu salib.

Feeling/perasaan
Kalau sudah beriman ada perasaan semakin ingin tahu lebih dalam, pengetahuan yang benar akan membawa pengaruh kepada perasaan yang mengebu-gebu

Seperti cinta tadi contoh seorang gadis melihat seorang pemuda yg tampan dan kelihatan baik dari lirikan dan senyumnya, pas ketemu dan kenalan dia sangat baik

Sigadis akan semakin berkeinginan jumpa dan cari tahu tentang pemuda tersebut ingin jumpa dan ada perasaan dag dig dug….

Namun penambahan pengetahuan yang positif akan membawa hasil positif terhadap pemuda tersebut ternyata dia adalah seorang lajang, seorang General Manager perusahaan Bumn besar dia dari keluarga baik2 perasaan sigadis akan semakin positif, dan ada kehendak yang lebih kuat untuk semakin mengenal pemuda tersebut

Namun jika pengetahuan yang negatif tentang pemuda tersebut maka feeling atau perasaan akan berkurang jika di ketahui si pemuda tersebut adalah seorang duda, cerai 3 kali dan semua istrinya di pukulin babak belur, dan ada yang harus mengadukan kepolisi karena KDRT, maka feeling atau perasaan si gadis akan luntur dan menjauhi tidak mau jumpa bahkan jika silaki-laki mencoba mendekat makan si gadis akan menjauhi dia,   itulah pengetahuan yang benar.

Will/ Kehendak
Jika sudah ada pengetahuan yang benar dan perasaan yang klop maka, kehendak semakin menggebu apapun rintangan akan dilewati, kehendaknya semakin benar karena sering jumpa dan menguji segala sesuatu dan pegang yang baik.

Begitu juga dengan pengetahuan sudah jelas diselidiki dan ternyata bahwa silelaki adalah brengsek dan kejam pasti semakin dijauhi.

Demikian dengan Iman yang benar kepada Kristus yang telah dipelajari melalui Alkitab Firman Tuhan bahwa Alkitab adalah

  •  Membuktikan pengajaran yang paling benar,
  •  Membuktikan pengajaran yang paling suci,
  •  membuktikan pengajaran standart moral yang paling tinggi.

Tuhan ajarkan jalan keselamatan jiwa dengan dengan sangat simple hanya percaya dan bertobat kepada Yesus kristus yang telah mati dikayu salib dan telah menebus dosa seisi dunia

Ajaranya hampir-hampir umatnya tidak sanggup melakukan, Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri, bahkan kasihilah Musuhmu.

Jika kamu memandang wanita dan mengiginkannya dalam hatimu kamu sudah berdosa, punya standart moral paling tinggi,

Sebagai orang kristen harus menambah pengetahuan tentang kebenaran Firman Tuhan terlebih dia hamba Tuhan jangan sampai dia menyesatkan orang banyak dan jangan bahkan banyak hamba Tuhan malah murtad / mualaf meninggalkan Juruselamat.

Orang Kristen Jika imannya tidak kuat akan, cepat berubah bahkan bisa jadi mualaf seharusnya orang Kristen harus mantap untuk diri sendiri dan sanggup mengajar orang lain

Harus bisa mengenal yang asli seperti uang jika sudah mengenal yg asli pasti bisa mengenal yang palsu.

jadilah orang Kristen yang benar dengan pengetahuan sesuai Alkitab sebagai pedoman dalam hidup dlam mengambil keputusan seperti seorang gadis memilih pasanganya di pelajari dgn baik benar jangan cinta buta membawa kebinasaan.

Matius 6:33
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

By Herbin Simamora
Sabtu, Juni 5,2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *